orang paling tajir

on Minggu, 10 Januari 2010



Aburizal Bakrie (Foto: dok detikcom) 
 
 
Majalah Forbes kembali membuat daftar 40 orang terkaya di Indonesia. Pemilik grup Djarum, Budi dan Michael Hartono masih berada di posisi puncak dengan nilai kekayaan US$ 7 miliar.

Forbes menuliskan, investor kini sedang sangat mencintai Indonesia. IHSG dalam 12 bulan terakhir tercatat melonjak hingga 115%, dan berada di posisi kedua terbaik setelah Shenzen SE Composite China.

Tak heran jika nilai kekayaan orang-orang terkaya di Indonesia pun meningkat. Secara total, nilai kekayaan 40 orang terkaya di Indonesia meningkat tajam dari US$ 21 miliar pada tahun 2008 menjadi US$ 42 miliar. Angka itu juga naik US$ 2 miliar dibandingkan nilai kekayaan terbesar yang dicapai pada tahun 2007.

Sementara 12 orang kaya dalam daftar tersebut total memiliki kekayaan hingga US$ 28 miliar. Angka tersebut naik 7 orang, termasuk Low Tuck Kwong, pemilik Bayan Resources yang sahamnya naik hingga 474% selama setahun terakhir.

Konglomerat sektor batubara lainnya yang juga pemilik Bumi Resources yakni Aburizal Bakrie juga berhasil naik peringkat, setelah tahun lalu melorot tajam akibat krisis. Nilai kekayaan Aburizal meningkat tajam dibandingkan tahun 2008 yang hanya US$ 850 juta, dan ada di posisi ke-8. Kini Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie berada di posisi ke-4 dengan nilai kekayaan US$ 2,5 miliar.

Berikut daftar 40 orang terkaya versi Forbes yang dirilis, Kamis (3/12/2009).

  1. R. Budi & Michael Hartono  US$ 7 miliar
  2. Martua Sitorus     US$ 3 miliar
  3. Susilo Wonowidjojo  US$ 2,6 miliar
  4. Aburizal Bakrie     US$ 2,5 miliar
  5. Eka Tjipta Widjaja  U$S 2,4 miliar
  6. Peter Sondakh  US$ 2,1 miliar
  7. Putera Sampoerna  US$ 2 miliar
  8. Sukanto Tanoto  US$ 1,9 miliar
  9. Anthoni Salim US$  1,4 miliar
  10. Soegiharto Sosrodjojo  US$ 1,2 miliar
  11. Low Tuck Kwong  US$ 1,18 miliar
  12. Eddy William Katuari US$ 1,1 miliar
  13. Chairul Tanjung US$ 99 juta
  14. Garibaldi Thohir US$ 930 juta
  15. Theodore Rachmat US$ 900 juta
  16. Edwin Soeryadjaya US$ 800 juta
  17. Trihatma Haliman US$ 750 juta
  18. Ciliandra Fangiono US$ 710 juta
  19. Arifin Panigoro    US$ 650 juta
  20. Murdaya Poo US$ 600 juta
  21. Hashim Djojohadikusumo    US$ 500 juta
  22. Kusnan & Rusdi Kirana US$ 480 juta
  23. Prajogo Pangestu US$ 475 juta
  24. Harjo Sutanto US$ 470 juta
  25. Mochtar Riady    US$ 440 juta
  26. Eka Tjandranegara    US$ 430 juta
  27. Ciputra    US$ 420 juta
  28. Hary Tanoesoedibjo    US$ 410 juta
  29. Sandiaga Uno    US$ 400 juta
  30. Boenjamin Setiawan    US$ 395 juta
  31. Alim Markus    US$ 350 juta
  32. Aksa Mahmud    US$ 330 juta
  33. Sutanto Djuhar    US$ 325 juta
  34. Kartini Muljadi    US$ 320 juta
  35. Soegiarto Adikoesoemo    US$ 300 juta
  36. George Santosa Tahija & Sjakon George Tahija US$ 290
  37. Paulus Tumewu    US$ 280 juta
  38. Husain Djojonegoro US$260 juta.
  39. Bachtiar Karim    US$ 250 juta.
  40. Kris Wiluan    US$ 240 juta.
dunia??
Mau tau bagaimana mereka mendapatkan kekayaannya?

1. Bill Gates

Setelah kehilangan $ 18 miliar, Bill Gates masih mempunyai kekayaan bersih $ 40 miliar. Bill Gates adalah seorang self-made miliarder, menghasilkan uang sebagai pengusaha. Gates perintis awal salah satu sistem operasi disk dan memulai sebuah perusahaan software dengan beberapa teman-temannya, Microsoft. Gates membuat kesepakatan dengan IBM untuk sistem operasi sebesar $ 50.000. Karena ia tidak mentransfer hak cipta IBM, ia dapat melanjutkan berbisnis dari sistem MS-DOS sebagai kloning sistem vendor perangkat keras lainnya. Gates telah dituduh praktek bisnis buruk di masa lalu, dan baru-baru ini terlibat dalam proses anti-trust di Uni Eropa, tapi tidak ada yang bisa menyangkal keberhasilanMicrosoft. Gates sekarang ini banyak menyediakan uang dan waktu pada upaya filantropis, melalui Bill dan Melinda Gates Foundation.

2. Warren Buffett
Salah satu investor paling terkenal di dunia. Setelah kehilangan $ 25 miliar, kekayaan bersihnya sekarang sekitar $ 37 miliar. Sebagian besar kekayaannya adalah self-made, datang dari sebuah perusahaan tekstil, Berkshire Hathaway. Ketika Buffett membeli Berkshire, dia menghabiskan beberapa tahun transisi ke perusahaan induk. Kemudian ia mulai menggunakannya untuk membeli bisnis lain. Buffett dikenal karena naluri bisnis, investasi kecerdasan, dan obsesinya dengan memeriksa ke perusahaan mereka sebelum membuat keputusan membeli. Berkshire memiliki saham di GEICO, Dairy Queen, See’s Candy, Coca-Cola, Wells Fargo dan banyak perusahaan terkenal lainnya.

3. Carlos Slim Helu
Bersama dengan keluarganya, Carlos Slim Helu adalah orang terkaya di Amerika Latin. Ia mempunyai $ 35 miliar, bahkan setelah kehilangan $ 25 miliar. Slim juga merupakan self-made miliarder. Ia memiliki sejarah yang menarik. Meskipun dia tinggal di Mexico City, ia adalah anak seorang imigran dari Lebanon (nama asli ayahnya Salim). Ia belajar teknik, dan menghasilkan uang di industri telekomunikasi. Ia pemimpin dalam kelompokinvestor yang membeli dua perusahaan telepon dari pemerintah Meksiko pada tahun 1990. Kepemilikannya beragam termasuk real estate, teknologi, minyak, gas dan bahkan saham di The New York Times Company. Kekayaan Slim bernilai kurang lebih sama dengan 2% dari output ekonomi dari seluruh negara Meksiko.

4. Lawrence Ellison
Kekayaannya bernilai $ 22.5 miliar. Ia dilahirkan di Bronx, Ellison diadopsi dan dibesarkan oleh ibu bibi dan pamannya di Chicago’s South Shore. Ayah angkat Ellison kehilangan kekayaan real estat kecil pada masa Great Depression. Seperti Bill Gates, Ellison putus sekolah. Ia menghasilkan uang dari desain perangkat lunak. Proyek database-nya untuk CIA, sebagai bagian dari Ampex Corporation, disebut Oracle. Ia mendirikan perusahaannya sendiri dengan hanya menggunakan $ 2.000, dan tumbuh menjadi salah satu pemimpin industry.

5. Ingvar Kamprad
Ingvar Kamprad adalah pengusaha Swedia (kekayaan bersih senilai, $ 22 miliar). Kamprad adalah anak dari petani Swedia. Salah satu pekerjaan pertamanya adalah menjual kartu, korek api, pena dan ikan dengan naik sepeda. Akhirnya, ia mulai menjual furnitur. Lama kemudian, ia membuka toko furnitur sendiri, Ikea. Singkatan dari nama pertama dan nama belakang, nama pertanian keluarga, dan desa terdekat. Merek mebelnya dikenal dengan harganya yang terjangkau dan bergaya modern.

6. Karl Albrecht
Ia adalah orang terkaya di Jerman, dengan kekayaan bersih $ 21.5 miliar. Ibunya mempunyai toko kecil di Jerman. Namun, setelah Perang Dunia II, Albrect, bersama dengan saudaranya Theo merubah toko menjadi Aldi. Sekarang, Aldi dikenal toko dengan harga diskon belanjaan. Albrecht dan saudaranya membagi kepemilikan toko. Albrecht mengambil hak atas merek untuk Amerika Serikat, Inggris dan Australia, serta bagian selatan Jerman.

7. Mukesh Ambani
Mukesh Ambani, bersama dengan saudaranya, mewarisi konglomerat Reliance, salah satu perusahaan yang paling berharga di India, setelah kematian ayah mereka. Kekayaan Ambani bernilai sekitar $ 19.5 miliar, dan merupakan orang terkaya di negara India.

8. Lakshmi Mittal
Sebagai imigran India ke Inggris, Mittal adalah orang terkaya yang tinggal di Britania Raya. Mittal mewarisi banyak kekayaan, bekerja dalam bisnis pembuatan baja keluarganya. Ia mendirikan perusahaan sendiri, Mittal Steel, dan telah agresif dalam mengembangkan prospek bisnisnya. Setelah pengambilalihan, perusahaan menjadi ArcelorMittal, dan merupakan perusahaan baja terbesar di dunia. Kekayaannya $ 19.3 milyar.

9. Theo Albrecht
Seperti kakaknya, Karl, Theo Albrecht termasuk orang terkaya dengan kekayaan senilai $ 18.8 miliar. Ia memiliki hak merek toko diskon Aldi di bagian utara Jerman dan di seluruh Eropa, kecuali Great Britain.

10. Amancio Ortega
Kekayaan bersihnya senilai $ 18.3 miliar. Ayahnya seorang pekerja rel kereta api, dan Ortega bekerja di sebuah toko baju di Spanyol. Lalu ia dan istrinya mulai membuat pakaian mereka sendiri. Mereka menciptakan desain chic. Dan membentuk sebuah perusahaan bernama Inditex, hingga akhirnya terdapat lebih dari 4.000 toko di seluruh dunia. Ortega juga mempunyai merek fashion murah, Zara. Kekayaan Ortega juga tumbuh karena investasinya di real estat, pariwisata, gas dan bank.
 

0 komentar:

Poskan Komentar