on Jumat, 08 Januari 2010

Archive for Virus dan Antivirus

Download Notepad++ 5.0

Notepad++ is a free source code editor (and Notepad replacement), which supports several programming languages, running under the MS Windows environment.This project, based on the Scintilla edit component (a very powerful editor component), written in C++ with pure win32 api and STL (that ensures the higher execution speed and smaller size of the program), is under the GPL Licence.
  • Syntax Highlighting and Syntax Folding
  • WYSIWYG
  • User Defined Syntax Highlighting
  • Auto-completion
  • Multi-Document
  • Multi-View
  • Regular Expression Search/Replace supported
  • Full Drag ‘N’ Drop supported
  • Dynamic position of Views
  • File Status Auto-detection
  • Zoom in and zoom out
  • Multi-Language environment supported
  • Bookmark
  • Brace and Indent guideline Highlighting
  • Macro recording and playback

Screenshots (Click image to view)

Screenshot 1Screenshot 2Screenshot 3

Top 10 Virus,

Populasi virus baru di periode ini dirasakan menurun dibanding sebelumnya. Bisa jadi ini berkaitan dengan musim liburan sekolah. Namun demikian bukan berarti tanpa virus sama sekali, karena beberapa virus maker lokal masih mengeluarkan release virus baru hasil buatannya. Virus baru yang berhasil menduduki peringkat 10 besar kali ini ada Kalong.vbs.E, Godham, Ang.vbs.B, dan VCybe. Berikut daftar selengkapnya:
1. Quick
Tampilan file virus Quick yang menyerupai file video.Virus berlambangkan mirip file video ini memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, yakni 19.456 bytes, dalam keadaan terkompresi menggunakan UPX. Pada komputer terinfeksi, di root drive system (C:) akan terdapat file induk virus dengan nama seperti ccinfo.exe, readme.txt, version.sys, windriver.exe, stba_cihampelas.3gp.exe, 3gp.sys, dan masih banyak lagi yang lainnya.
2. Kalong.vbs.E
Potongan tubuh virus Kalong.vbs.E. Virus jenis VBScript ini telah lumayan lama malang melintang. Kini muncul varian terbaru dari virus ini yang dikenal dengan Kalong.vbs.E. Virus yang memiliki ukuran tubuh sebesar 5.908 bytes ini, dalam aksinya akan membuat file autorun.inf di setiap root drive yang ia temukan, tentunya untuk mempermudahnya dalam melakukan penyebaran. Selain file itu, Anda juga akan menemukan file dengan nama k4l0n62.sys.vbs, tentunya dengan attribut hidden. Pada komputer terinfeksi, ia pun akan menampakan kehadirannya pada caption Internet Explorer, dengan mengubahnya menjadi kata-kata cacian berbau pornografi.
3. Euis.B
Pesan yang ditampilkan virus Euis.B pada komputer terinfeksi.Virus berlogokan lambang hati ini dibuat menggunakan Visual Basic, memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, sekitar 1.929.216 bytes, atau 1,8Mb tanpa di-compress.Pada komputer terinfeksi, layar komputer Anda terkadang akan dipenuhi dengan message box yang bertuliskan “System Halted by Anti Spam of Siantar ! Contact service provider !”.
4. Ninta
Wujud file virus Ninta yang terlihat pada Windows Explorer.Virus lokal yang menggunakan icon mirip file aplikasi Microsoft Word ini dibuat menggunakan Visual Basic. Ia memiliki ukuran tubuh sekitar 53.248 bytes tanpa di-packer. Saat komputer terinfeksi oleh virus ini, pada direktori System32 akan terdapat sebuah direktori baru lagi dengan nama F41 yang sebenarnya ber-attribut hidden. Pada direktori tersebut akan terdapat 2 buah file, yang pertama svchost.exe yang tak lain merupakan file induk virus, dan satu lagi adalah file MSVBVM60.dll. Kedua file ini juga dengan attribut hidden. Ia juga akan mencoba membuat file autorun.inf dan explorer.exe di setiap drive dan akan mem-blok akses ke Command Prompt, Find/Search, dan beberapa aplikasi lainnya yang memiliki caption seperti Process Viewer.
5. Godham
Akan ada tulisan Virus yang memiliki ukuran sekitar 260Kb, murni tanpa di-packing ini dibuat menggunakan Visual Basic. Ia dapat merusak file-file Anda dengan menginfeksinya. File yang dapat ia infeksi adalah file gambar dengan extension .JPG dan file dokumen Word .DOC. Ia pun memiliki kemampuan untuk mengubah iconnya mengikuti file yang sedang diinfeksikannya, menjadi seperti file gambar, file dokumen Word, atau mirip folder. Virus ini akan menampakan diri dengan menampilkan tulisan “Ilegal program…….” pada aplikasi yang tidak diinginkannya. Dan jika pada properties file, di bagian Version Information terdapat kata-kata “Thank’s try is program is fun “GODHAM”“.
6. Marsand
Beberapa file induk Virus Marsand yang terdapat di direktori Windows. Memiliki icon yang mirip dengan file gambar atau JPEG. Itulah virus Marsand, yang dibuat menggunakan Visual Basic, dan memiliki ukuran tubuh sebesar 36.864 bytes tanpa di-packer. Pada komputer terinfeksi, akan terdapat beberapa file induk virus pada direktori Windows dengan nama antara lain seperti, Marsanda.exe, serina.exe, dan BukitMerapin%.exe. Virus ini pun akan membatasi ruang gerak user dengan memanipulasi Registry Windows seperti menghilangkan menu Run dan Folder Options.
7. Alzheim
Virus Alzheim menampakan kehadirannya pada System Properties.Virus yang memiliki ukuran tubuh sebesar 339.968 bytes ini dibuat menggunakan Visual Basic. Ia menggunakan icon mirip seperti file video yang biasanya digunakan oleh aplikasi Media Player Classic. Virus ini akan membuat beberapa file virus penggoda dengan nama-nama seperti anak SMU.exe, sexyvb.exe, smu purwokerto.exe, atau Cewek perawan.exe. Virus ini juga memblokir beberapa program yang ia anggap berbahaya, contohnya Regedit.exe. Jika user memaksa untuk menjalankannya, maka akan muncul pesan “Can not open this program. Your system maybe has been changed.”.
8. Ang.vbs.B
Virus Ang.vbs.B menghapus default caption dari Internet Explorer. Virus jenis VBScript ini memiliki ukuran file sebesar 7.292 bytes. Ia akan menginfeksi registry userinit untuk dapat running otomatis. Pada komputer terinfeksi, ia pun akan menghapus default caption dan URL pada Internet Explorer. Dan tak lupa ia juga menciptakan file autorun.inf pada drive yang ada untuk memudahkannya dalam menyebarkan diri.
9. VCybe
File pesan dari sang pembuat virus VCybe.
Memiliki ukuran file sebesar 162.304, terkompresi menggunakan UPX. Virus yang berlambangkan mirip seperti aplikasi Microsoft Word ini juga dibuat menggunakan Visual Basic. Pada komputer terinfeksi, akan terdapat file VCybe.txt pada root drive atau pada direktori Windows. Beberapa fitur windows pun ia blokir, seperti contohnya Folder Options, Regedit, Command Prompt, dan Task Manager.
10. Discusx.vbs.B
Discusx.vbs mengubah title dari Internet Explorer.Tidak ada perbedaan jauh antara varian yang satu ini dengan yang sebelumnya. Dia akan mencoba menginfeksi di beberapa drive di komputer Anda, termasuk drive flash disk, yang jika terinfeksi akan membuat file autorun.inf dan System32.sys.vbs pada root drive tersebut. Selain itu, ia pun akan mengubah caption dari Internet Explorer menjadi “.::Discus-X SAY MET LEBARAN! [HAPPY LEBARAN ?!]::.”.

VCybe: PCMAV 1.4 Update Build3

Update Build3 secara resmi dirilis dengan penambahan 10 pengenal virus baru. Bagi Anda pengguna PCMAV 1.4 sangat disarankan segera melakukan update, agar PCMAV Anda dapat mengenali dan membasmi virus lebih banyak lagi. Jadi total tambahan virus sampai Update Build3 kali ini adalah sebanyak 25 virus.
Untuk mendapatkan dan menggunakan update PCMAV ini, pastikan terlebih dahulu PCMAV RealTime Protector tidak sedang aktif. Jika iya, Anda harus menutup aplikasi tersebut terlebih dahulu. Lalu Anda cukup menjalankan PCMAV Cleaner (PCMAV-CLN.exe), tentunya komputer harus dalam keadaan aktif terhubung ke Internet (non-proxy). Fitur GetUpdates dari PCMAV secara otomatis akan memberikan alamat internet yang aktif di mana Anda bisa men-download file update tersebut. Letakkan file hasil download tersebut (PCMAV.vdb) ke dalam folder di mana PCMAV berada. Jika sebelumnya telah terdapat file update yang lama, Anda cukup menimpanya. Dan nanti saat Anda kembali menjalankan PCMAV, ia sudah dalam keadaan kondisi ter-update.
Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan file update tersebut secara manual, Anda bisa men-download file-nya melalui beberapa alamat ini:
SendSpace.com,
Badongo.com (mirror), atau
TurboUpload.com (mirror).
File pesan dari sang pembuat virus VCybe.VCybe. Memiliki ukuran file sebesar 162.304, terkompresi menggunakan UPX. Virus yang berlambangkan mirip seperti aplikasi Microsoft Word ini dibuat menggunakan Visual Basic. Pada komputer terinfeksi, akan terdapat file VCybe.txt pada root drive atau pada direktori Windows. Beberapa fitur windows pun ia blokir, seperti contohnya Folder Options, Regedit, Command Prompt, dan Task Manager.
Daftar tambahan virus PCMAV 1.4 Update Build3:
Akmal.vbs.B
Ang.vbs.B
Aniee.J
Boenk
Boenk.vbs
Canabis
Cyrax-Tutor
Discusx.vbs.B
Discusx.vbs.B.inf
Fisika
Godham
Godham.exe.A
Godham.exe.B
Godham.Inf
Kalong.vbs.E
Kalong.vbs.E.inf
MrDeep.vbs
MrDeep.vbs.inf
Nita.B
Nitaku.B
Robert
Semut
Semut.vbs
VCybe
VCybe.txt

Godham: PCMAV 1.4 Update Build2

Ada 10 virus baru yang banyak dilaporkan menyebar di Indonesia ditambahkan pada Update Build2 kali ini. Bagi Anda pengguna PCMAV 1.4 sangat disarankan segera melakukan update, agar PCMAV Anda dapat mengenali dan membasmi virus lebih banyak lagi. Jadi total tambahan virus sampai Update Build2 kali ini adalah sebanyak 15 virus.
Untuk mendapatkan dan menggunakan update PCMAV ini, pastikan terlebih dahulu PCMAV RealTime Protector tidak sedang aktif. Jika iya, Anda harus menutup aplikasi tersebut terlebih dahulu. Lalu Anda cukup menjalankan PCMAV Cleaner (PCMAV-CLN.exe), tentunya komputer harus dalam keadaan aktif terhubung ke Internet (non-proxy). Fitur GetUpdates dari PCMAV secara otomatis akan memberikan alamat internet yang aktif di mana Anda bisa men-download file update tersebut. Letakkan file hasil download tersebut (PCMAV.vdb) ke dalam folder di mana PCMAV berada. Jika sebelumnya telah terdapat file update yang lama, Anda cukup menimpanya. Dan nanti saat Anda kembali menjalankan PCMAV, ia sudah dalam keadaan kondisi ter-update.

Kalong.vbs.E: PCMAV 1.4 Update Build1

Update Build1 secara resmi dirilis dengan penambahan 5 pengenal virus baru. Bagi Anda pengguna PCMAV 1.4 sangat disarankan segera melakukan update, agar PCMAV Anda dapat mengenali dan membasmi virus lebih banyak lagi.
Untuk mendapatkan dan menggunakan update PCMAV ini, pastikan terlebih dahulu PCMAV RealTime Protector tidak sedang aktif. Jika iya, Anda harus menutup aplikasi tersebut terlebih dahulu. Lalu Anda cukup menjalankan PCMAV Cleaner (PCMAV-CLN.exe), tentunya komputer harus dalam keadaan aktif terhubung ke Internet (non-proxy). Fitur GetUpdates dari PCMAV secara otomatis akan memberikan alamat internet yang aktif di mana Anda bisa men-download file update tersebut. Letakkan file hasil download tersebut (PCMAV.vdb) ke dalam folder di mana PCMAV berada. Jika sebelumnya telah terdapat file update yang lama, Anda cukup menimpanya. Dan nanti saat Anda kembali menjalankan PCMAV, ia sudah dalam keadaan kondisi ter-update.

0 komentar:

Poskan Komentar