Tehnik awal bernyanyi

on Kamis, 21 Juni 2012

banyak dari pen









.

yanyi baik di luar maupun indonesia yang saat ini masih belum bernyanyi dengan baik. karakter vokal menjadi alasannya. misalnya ariel peterpan dengan suara sengaunya, charlie dengan suara seraknya. ataupun vokalis hijau daun yang suaranya menurut saya aneh. 
baik penyanyi band maupun solo harus memiliki tehnik vokal yang baik. karena dengan tehnik, kita akan memiliki range vokal yang lebih luas, power yang lebih kuat, dan yang pasti karakter akan terbentuk dengan sendirinya. 
sebagai penyanyi yang baru belajar, anda harus tahu, untuk apa anda bernyanyi. just for fun? kompetisi? mata pencaharian? maupun untuk rekaman? semua itu harus dibiasakan dengan tehnik yang baik dan benar karena tehnik yang benar akan membuat anda lebih nyaman dalam bernyanyi. setiap orang dianugerahi dengan suara yang berkarakter. akan tetapi tidak semua orang dapat bernyanyi dengan indah, baik, dan benar. semuanya perlu latihan dan praktek langsung bernyanyi diatas panggung maupun di depan penonton.
tehnik vokal tersebut antara lain tehnik pernafasan, tehnik membuka mulut, artikulasi dan lain-lain. karena tidak dibutuhkan waktu yang sebentar untuk dapat bernyanyi dengan baik dan benar. 
tehnik pernafasan
tehnik pernafasan yang digunakan dalam bernyanyi adalah nafas diafragma atau pembatas antara perut dan dada. cara berlatihnya antara lain dengan anda tidur terlentang lalu letakan benda diatas diafragma anda lalu perhatikan apakah benda tsb bergerak atau tida
Sikap Tubuh

adalah mengenai sikap tubuh secara keseluruhan ketika bernyanyi, walau bukan bagian yg terpenting, namun mau-tidak-mau hal ini turut berpengaruh terhadap performa vokal kita..

badan kita mesti tegap, rileks, dan fleksibel.. Bahu jangan di angkat selama bernafas mungkin selama bernyanyi, terutama saat menarik nafas.. dada diperlebar cenderung di majukan ke depan.. kaki agak di jarangkan, agar bisa berdiri seimbang..

Bentuk Mulut


Mulut usahakan agar terbuka lebar bagi pemula, agar resonansi udara dalam berjalan dengan baik.. resonansi dada berguna dalam mengambil nada2 rendah, hidung untuk nada2 tinggi, tenggorokan untuk suara yg jernih (namun jangan menumpukan suara pada tenggorokan, karena akan mengakibatkan kita kelelahan tenggorokannya), dan terakhir kepala bila hendak mengambil nada2 amat tinggi..

Lidah di datar kan selama bernyanyi, dan ujungnya menyentuh bagian belakang gigi seri bawah kita.. Lidah harus se rileks mungkin, karena buat gw pribadi, ini yg sering gw perhatikan dan menjadi yg sulit bagi pemula termasuk gw dulu Rongga mulut seperti kita menguap, jadi prinsipnya agar ruang keluar udara dapat menjadi lebar..

Lebarkan mulut saat bernyanyi dengan nada rendah, karena hal itu dapat membantu..Perhatikan juga bagian atas rongga mulut, usahakan agar selebar dan seluas mungkin, sekali lagi seperti kita menguap..

Ukuran lebar bibir adalah 3 jari (coba masukkan 3 jari ke mulut lo, itulah ukuran minimalnya) Lebarkan mulut ke samping bila hendak mengambil nada2 rendah, gw rasa itu membantu.





0 komentar:

Poskan Komentar