Not Balok (Dasar)

on Jumat, 05 Februari 2010
Dalam pelajaran kali ini adalah tentang notasi balok. Setelah kita belajar tentang not balok maka untuk selanjutnya kita mahir dalam membaca not balok.
Kita telah mengenal A, B, C, D, E, . . .. Z (alphabet)? Nama notasi musik menggunakan alphabet: A B C D E F G. c d e f g a b
Sedangkan tangga nada menurun adalah sebagai berikut:
c b a g f e d

Untuk menuliskan not-not balok sesuai tempatnya serta tinggi rendahnya nada diperlukan garis-garis yang terdiri dari lima garis horisontal dan empat spasi yang disebut Paranada.
paranada
Pada paranada kita meletakkan not-not dan tanda istirahat.
Dipermulaan paranada dalam sebuah lagu selalu kita tempatkan yang namanya “clef” (tanda kunci), Ada dua tanda kunci yang umum dipakai yaitu Treble:treble dan Bass: bass.
Tanda kunci treble dan tanda kunci bass yang digabung bersama, disebut “grand staff”:grand staff

Disetiap buku musik (not balok), akan tertulis not balok pada masing-masing letaknya yang berhubungan dengan tinggi rendah nya nada (Titi Nada) dan Nilai Not seperti panjang atau pendek (Durasi).
TITI NADA:
Tinggi rendah suatu nada dalam lagu yang dihasilkan oleh suara alat musik atau suara manusia.
Nilai Not (Durasi):
Nilai suatu not, apakah not tersebut dimainkan/disuarakan panjang ataukah pendek.

Notasi musik (not balok) bisa dipelajari jika kita ingin mengembangkan permainan piano, gitar atau drum melalui buku pelajaran musik. Jika kita sedang belajar memainkan alat musik atau sedang bermain dalam ensambel musik maka pengetahuan akan not balok sangat diperlukan.
Not balok tidaklah serumit yang dibayangkan. Pelajaran not balok meliputi Titi Nada, Tanda Kunci, Tanda Dynamik, Ritme, Tangga Nada serta Istilah-istilah Musik.
Bila kita bisa memainkan salah satu alat musik, maka itu akan lebih baik lagi karena akan menjadi modal untuk membaca & menulis not balok sehingga benar-benar bisa dipraktekkan dalam memainkan alat musik yang kita gunakan. Tapi bila kita tidak bisa memainkan salah satu alat musik, misalnya Cuma bisa menyanyi, itu juga bisa membantu untuk mempraktekkan menulis & membaca not balok.
Semoga dengan tulisan ini bisa membantu bagi semua orang yang ingin bisa menulis & membaca not balok.

latian nih

Post

Mantap Mantap Mantap




Enlarge this imageReduce this image Click to see fullsize



0 komentar:

Poskan Komentar