on Jumat, 08 Januari 2010
SNMPTN merupakan salah satu jalur penerimaan Mahasiswa baru yang dikelola oleh Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Mapel yang dikeluarkan di SNMPTN sama dengan mapel di SPMB yang berakhir pada tahun 2007 lalu yakni dihari pertama yang dikenal tes kemampuan dasar terdiri Matematika Dasar[25 soal],Bahasa Indonesia [25 soal], dan Bahasa Inggris[25 soal].Dan dihari kedua ada Matematika IPA,Biologi,Fisika,Kimia,dan IPATerpadu.
Mayoritas strategi dari para peserta yang telah berhasil atau lolos seleksi SNMPTN/SPMB yakni dikarenakan mereka mencari nilai sebanyak-banyaknya dihari pertama karena dihari pertama mapel yang dikeluarkan masih tergolong dasar banget, tidak begitu susah, dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakanya. Olehkarena itu, biasanya para peserta cepet2an dalam mengerjakan soal tersebut untuk mendapatkan nilai sebanyak-banyaknya meski tidak boleh mengabaikan begitu saja ketelitian dan kecermatan.
Namun dihari kedua, para peserta umumnya mengerjakan soal-soal Kemampuan IPA dengan alokasi waktu yang cukup lama karena membutuhkan kecermatan,analisa,dan pemahaman yang lebih extra dibanding dihari pertama. Nah disini akan kelihatan banget antara orang-orang yang dikatakan eksak dengan orang yang noneksak.
Hmm, nampaknya pembahasan kita makin seru nieh,mungkin yang terbesit dibenak kalian adalah ”aduh!SNMPTN serem banget yach?!! GAWAT!!gw takut g lulus nie!!”.Hwe`e`e`, tenang aja bro,selama masih da waktu disana ada usaha kita! Untuk itu kami berikan beberapa tips yang kami peroleh baik dari pengalaman kami ataupun dari hasil pengamatan kami sejauh ini. Di bawah ini adalah tipsnya :



1. Matematika Dasar dari tahun ketahun “Tipe soal” yang dikeluarin hampir selalu sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Begitu juga materi+tipe soal Matematika Dasar disetiap SPMB selalu sama dengan lima tahun sebelumnya, meski ada satu atau dua soal yang bertipe baru disetiap tahunya dan itu menjadi suatu hal yang wajar.
Untuk mengatasi soal-soal baru ini, sehingga diharapkan kalian dapat mengerjakan semua soal dengan benar mengingat nilainya yang menggiurkan(jika kalian berhasil dalam 25 soal aja,kalian sudah mengantongi 100 point),uukh,lumayan banget khan.Oke,tips pertama kita kali ini adalah dengan memahami semua materi yang telah diajarkan di SMA dengan baik dan melatih pemahaman kalian dengan mengerjakan soal yang tingkat kesukarannya jauh dari yang lain.
Ada sebuah buku yang menyediakan materi yang lumayan mudah untuk dipahami, penjelasannya tidak berbelit-belit dan diakhir materi ada soal dan pembahasanya dan lebih bagus lagi soalnya bertingkat dari no 1 sampai kesekian menanjak naik kerumitanya, contoh konkritnya buku ”Seribu Pena” {ma`af kami tidak bermaksud promosi}.Dan satu hal yang tidak kalah pentingnya lagi adalah disarankan kalian tidak mengerjakan suatu soal dalam latihan kita kali ini yang tidak ada pembahasanya karena hal ini akan menyita waktu dan membuat kalian kurang memiliki rasa percaya diri,percaya dech!
Setelah kalian memahami dengan baik dibuku tersebut, sebenarnya kalian sudah berhak mendapatkan 92 point di Matematika Dasar dari 100 point maksimalnya di SNMPTN nanti. Namun perlu kalian ketahui bahwa mengerjakan matematika SNMPTN nanti butuh waktu yang cepat dan tepat. Olehkarena itu satu-satunya cara yang harus kalian tempuh yakni dengan sering-sering mengerjakan soal&melatih kecepatannya. Sehingga pas ujian nanti ketika kalian baru pertamakali membaca satu soal,dibenak kalian tuch langsung terpikir ”oo,nie tu gini,abis tu gini dan gini”. Bukanya malah ”Uasem!! Opwo ki maksute”,hahaha…. Nah untuk itu, buku yang cocok untuk belajar kali ini yakni ”kumpulan soal&pembahsan SPMB,terbitan Ganesha Operation”.{sekali lagi,kami tidak bermaksud promosi}
Olehkarena itu, belajar Matematika Dasar dari SPMB sangat bermafa`at untuk kesuksesan kalian dalam pertarungan di SNMPTN nanti. Bahkan dapat dipastikan bahwa tipe soal ditiap SNMPTN 95% akan selalu sama dengan tahun-tahun sebelumnya.Contoh konkritnya adalah SNMPTN tahun 2008 kemarin yakni tipe soalnya mirip dengan soal SPMB selama lima tahun sebelumnya yakni 200{7+6+5+4+3}.Dan perlu kalian ketahui bahwa Matematika Dasar untuk tahun 2007,2006,2005,2004,2003 memiliki tingkat kemiripan yang lebih.

2. Bahasa Indonesia.Untuk mapel yang satu ini umumnya dijadikan juga sebagai pegangan para peserta untuk mendapatkan nilai yang besar dalam SNMPTN. Hal ini dikarenakan materi yang diajarkan dalam bahasa indonesia masih tergolong umum dan tingkat kesulitannya lebih ringan daripada mapel yang lain. Strategi belajarnya juga cukup mudah yakni dengan belajar dari buku tentang EYD kemudian menerapkan pemahaman kalian kedalam soal-soal SPMB tahun-tahun sebelumnya
.
3. Bahasa Inggris.Mapel kali ini tidak ada trik`s khususnya. Sebenarnya kesuksean dalam mengerjakan mapel kali ini didominasi keseriusan kalian ketika masa-masa MI,SMP hingga SMA.Because what? Karena untuk memahami soal bahasa inggris SNMPTN khususnya dibagian paragrah dibutuhkan koleksi kosakata yang cukup.Nah itu semua dapat kalian dapatkan ketika kalian belajar selama 12 tahun dibangku sekolah.Lah tyus gaman dunk?!Ancur dunk ntar bahasa inggris gw!! Hahaha,tenang aja bro,selama masih ada waktu disitu ada usaha dan kerja cerdas kita!
Gini, dibagian akhir dari soal bahasa inggris ada bagian yang membahas
grammar,naah nie cuman membutuhkan sedikit vocabulary doank. Nah qm dapat belajar dari buku2 yang nyedia`in materi tentang Vocabulary sebagai contoh Pembahasan B.Inggris karya Bob Foster ….
Akhh, nggak terasa nie pembahasan kita uda dihari kedua nieh,gmana kesan2nya tips dihari pertama? G beitu susah khan?^_^. Nah ketika kalian dihari kedua, butuh strategi yang lebih mateng lagi cz mapel2 dihari kedua biasanya menjadi musuh bebuyutan para siswa, sebut saja Fisika!hahaha…

4. Matematika IPA atau biasa disebut mipa, sebenarnya merupakan kelanjutan dari matematika dasar. Cuman yang membedakan hanyalah tambahan materinya saja yang tentu lebih mengasyikkan. Strategi belajarnya sich sama aja dengan strategi kita ketika belajar matematika Dasar. Dan berdasarkan pengalaman kami, untuk dapat mengerjakan matematika baik dasar atau MIPA dibutuhkan bukan hanya pemahaman saja melainkan ketrampilan dalam mengerjakan soal. Ketrampilan ini dapat kalian dapatkan dengan banyak-banyaklah berlatih soal-soal spmb tahun2 sebelumnya.

5. Biologi.Uhhuy!! nah nie kalian pada demen semua kan ma mapel ini!hahaha,tp sayang dulu aq bencinya minta ampun ma mapel yang satu ini,ngapalin dari alif ampek ya` bikin kepalaq peninG!!Tapi sebagai orang yang ambisius n gak mw nyerah,aq punya trik khusus. Perhati`ain dech soal dari tahun ketahun tipe&jenis soal SPMB,selalu sama khan!Malah banyak loch yang SAMA soalnya dari tahun ketahun dan itu jumlahnya cukup banyak terkadang bisa nyampek 10 soal loch! Jadi g da alesan klo qt g dapet point min 32 (8×4) di biologi
.
6. Kimia.Nah,nie satu2nya pelajaran yang mengasyikkan khan,khusunya buat para cewek n nie jg ngingetin ketika masa kecil ketika kita maen2 ”pasaranmasak-masakan,,hehehe.
Oh koq jadi inget masa lalu sich,kembali ke laptob! Di setiap soal kimia baik itu ujian di SNMPTN/SPMB/UMPTN soalnya dari tahun ketahun yang ditanya`in ya itu-itu aja paling perubahanya cuman terjadi dari UMPTN ke SPMB n dari SPMB ke SNMPTN dan perubahan itupun hanya terjadi pada bentuk soal,tetapi isinya sama aja sih.Terkadang cuman satu atau 2 soal yang baru dan itu adalah hal yang wajar n itupun g susah koq ngejawabnya.

7. Fisika!!! Hwahahaha,nie-nie pasti kalian pada benci khan ma mapel yang atu ini! Ngaku aja loch!!!hahaha,tapi sorrrry yach aq g termasuk ma golongan kalian loch! Seperti yang kalian ketahui bahwa Fisika adalah sebagai momok bagi mayoritas siswa,nah nie dapat kalian manfaatin buat nyari` nilai di mapel yang satu ini cz kebanyakan dari peserta g ngerjain satupun dari soal fisika ato cuman maen nembak doank. Nah bagusnya dari fisika tuh,hampir selama 10 tahun mulai dari tahun 2008 kebelakang materinya & tingkat kerumitannya selalu sama, kecuali pada tahun 2007 kemaren tipe soalnya emang sama sich tapi kerumitanya lebih rumit dari tahun-tahun sebelumnya.
Selain itu ada baiknya kalian mempersiapkan Fisika sedini mungkin,biar dapet perfect di Fisika nanti,paling tidak kalian dikelas 12 tuch udah nguasa`in semua materi di Fisika dari kelas 10,11,12. Makanya bagi kalian yang masih duduk dikelas 10 SMA buruan belajar dulu sebelum pelajaran dimulai,nah klo ada bagian yang g ngerti tandain ntar tanya`in keguru, senior ato yang bisalah.Poko`knya kejar trus materi yang belum kalian pahami cz materi di Fisika tu nyambung terus. Nah 2 bulan sebelum ujian tinggal review lagi dech. Dari pengamatan kami, Fisika tuch sulit dipelajari dalam rentang waktu 2 bulan mendekati ujian, apalagi klo kalian belajarnya dari null gara2 di SMA dulu kerjaanya cuman tidur dikelas,cabut melulu waktu da pelajaran Fisika,palagi klo gurunya dapet yang killer-killer pasti kalian tambah tertekan khan. Akhirnya di tiap ujian kalian dapet 5 melulu,itupun udah dirata-rata satu sekul,hahaha…

8. IPA Terpadu.”Akh!!Yang terpisah aja susah apalagi yang dipadu!!” hahahaha, pernah kepikirang gitu khan! Tenang bro, kalo kalian bisa Matematika,Fisika,Kimia,Biologi dijamin dech bakalan Lancar di IPA Terpadu.
Nah yang lebih mengasykkan lagi,biasanya soal di IPA Terpadu tuh
sesuai dengan keadaan di Indonesia ketika SNMPTN/SPMB akan dilakukan. Misalkan pada tahun 2007 lalu ketika berita lumpur sidoarjo lagi kenceng-kencengnya diberitakan, nah pas SPMB 2007 keluar tuch soal-soal tentang Lumpur Sidoarjo…

hehehehehe. ga ada IPSnya

0 komentar:

Poskan Komentar