Franky Sadikin

on Rabu, 21 April 2010


Franky 
SadikinFranky Sadikin dilahirkan di Bandung 7 November 1980. Mulai belajar musik secara serius sejak di sekolah lanjutan. Kala itu ia menjalani berbagai studi kursus musik formal dan non formal seperti Gitar Klasik di Yamaha, gitar elektrik, drum, serta bass. Awal karirnya di bidang pendidikan dimulai dari mengajar Bass di LPMC pada tahun 2001 sampai sekarang. Saat ini ia menjabat sebagai deputy of head atau wakil head instructor serta instruktur bass di Institut Musik Indonesia serta instruktur bass di Purwacaraka terhitung sejak 2003 sampai sekarang.
Pada tahun 2003 hingga 2007 Franky tergabung sebagai artist endorsee dari  Greg Bennet Bass, yang ditangani oleh PT. Citra Intirama. Lalu kemudian tahun 2007 hingga 2010 tergabung sebagai artist endorsee dari OLP Bass dan Amply SWR pada PT. Bahanna. Sebelum ia bergabung dengan kedua brand di atas, ia juga sempat menjadi assistant clinician Arya Setyadi untuk Wasburn Bass yang ditangani oleh PT. MG Music pada tahun 2002.
Franky Sadikin memiliki style musik All Around. Serta aktif bermain di Java Jazz 2005 bersama Bayu Wirawan Trio, Java Jazz 2006 bersama Trio Tebs Sosro Sponsor Team, Jazz Goes To Campus bersama Prak Band, Jak Jazz 2006 bersama Bernard B2N serta Java Jazz 2007 bersama Band Tiga Mawarnih, juga Jazz Goes To Campus 2008 bersama penyanyi Iga Mawarni.  Ia juga tampil di Soundrenaline 2004 bersama Band MPH dan 2008 bersama Afgan.
Sempat menjadi Wartawan Bass di Tabloid Musik Plus pada tahun 2007 awal, saat ini Franky aktif di beberapa komunitas seperti Indonesia Street Bass Club, Jajan Jazz, KPJ Bulungan Wapress, Komunitas Jazz Kemayoran, Komunitas Jazz Chic’s serta Gitaris.com. Juga di tahun 2004 sempat merilis indie instrumental album dengan Band Ganda Campuran ( Bass & Drum ),  serta merilis album Band Tiga Mawarnih pada 2008.
Sebagai Author, pada tahun 2005 ia merilis buku pertamanya berjudul Teknik Slap Bass yang diterbitkan oleh PT. Grasindo. Selanjutnya tahun 2008 menerbitkan buku keduanya berjudul Solo Slap Bass terbitant Gramedia Pustaka Utama. Di sela-sela kesibukannya, saat ini ia masih juga aktif sebagai session player Live & Recording untuk berbagai artist seperti Afgan, Andity, Mayla Faiza, Kris Biantoro, Pasto,  dan lain-lainnya.
 

0 komentar:

Poskan Komentar